Di dalam matematika, variabel adalah nilai yang dapat berubah dalam suatu cakupan soal atau himpunan operasi yang diberikan. Sebaliknya,Konstanta adalah nilai yang tidak berubah, meskipun seringkali tidak diketahui atau tidak ditentukan. Konsep konstanta dan variabel adalah fundamental bagi banyak cabang matematika dan terapannya. Suatu "konstanta" dalam konteks ini janganlah dikaburkan dengan konstanta matematika, yakni suatu bilangan tertentu yang tidak bergantung kepada cakupan soal yang diberikan. ( Wikipedia Bahasa Indonesia )
Nah, pada postingan kali ini Ratih akan share beberapa contoh bagaimana cara menterjemahkan bahasa matematika ke dalam bahasa pemrograman. Berikut contoh koding2 nya.... :)
Study Kasus 1 :
E = M.C2
program soal1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
SysUtils;
var E,m,c:integer;
begin
write('Latihan Soal');
readln;
write('Masukkan nilai m= '); readln(m);
write('Masukkan nilai c= '); readln(c);
E:=m*c*c;
writeln('Hasil E= ',E);
readln;
end.
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
SysUtils;
var E,m,c:integer;
begin
write('Latihan Soal');
readln;
write('Masukkan nilai m= '); readln(m);
write('Masukkan nilai c= '); readln(c);
E:=m*c*c;
writeln('Hasil E= ',E);
readln;
end.
Study Kasus 2 :
Menghitung Bangun ruang
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
SysUtils;
var
r,t:integer;
l_lingkaran,v_tabung,v_kerucut:real;
begin
write ('Ratih Arifiana Atika Irani');
readln;
write ('==========================');
readln;
writeln('Program Menghitung Luas Lingkaran');
write('Masukkan jari-jari = ');readln(r);
l_lingkaran:=3.14*r;
writeln('Luas Lingkaran = ',l_lingkaran:10:2);
writeln(' ');
writeln('Program Menghitung Volume Tabung');
writeln(' ');
write('Masukkan jari-jari = ');readln(r);
write('Masukkan tinggi = ');readln(t);
v_tabung:=3.14*r*r*t;
writeln('Volume Tabung = ',v_tabung:10:2);
writeln(' ');
writeln('Program Menghitung Volume Kerucut');
writeln('=================================');
write('Masukkan jari-jari = ');readln(r);
write('Masukkan tinggi = ');readln(t);
v_kerucut:=0.5*3.14*r*t*r;
writeln('Volume Kerucut = ',v_kerucut:10:2);
{ TODO -oUser -cConsole Main : Insert code here }
end.
Menghitung Bangun ruang
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
SysUtils;
var
r,t:integer;
l_lingkaran,v_tabung,v_kerucut:real;
begin
write ('Ratih Arifiana Atika Irani');
readln;
write ('==========================');
readln;
writeln('Program Menghitung Luas Lingkaran');
write('Masukkan jari-jari = ');readln(r);
l_lingkaran:=3.14*r;
writeln('Luas Lingkaran = ',l_lingkaran:10:2);
writeln(' ');
writeln('Program Menghitung Volume Tabung');
writeln(' ');
write('Masukkan jari-jari = ');readln(r);
write('Masukkan tinggi = ');readln(t);
v_tabung:=3.14*r*r*t;
writeln('Volume Tabung = ',v_tabung:10:2);
writeln(' ');
writeln('Program Menghitung Volume Kerucut');
writeln('=================================');
write('Masukkan jari-jari = ');readln(r);
write('Masukkan tinggi = ');readln(t);
v_kerucut:=0.5*3.14*r*t*r;
writeln('Volume Kerucut = ',v_kerucut:10:2);
{ TODO -oUser -cConsole Main : Insert code here }
end.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar